UKURAN WATER RESIST PENTING!!!

Water Resistant

 

sekarang banyak beredar Jam tangan dengan Water Resistant, dan sedikit orang yang mengetahui tentang ukuran - ukuran resistant terebut. 
Langsung saja apa arti ATM / BAR / Meter(m) yang tercantum di dalam catatan jam tangan water resistant?

ATM merupakan kepanjangan dari Atmosphere Pressure, yang memiliki tingkat tekanan udara yang dapat diterima oleh jam tangan tersebut. Semakin tinggi angka nya, jam tangan tersebut akan semakin tahan terhadap tekanan udara yang ditimbulkan karena air.
Untuk menandakan ketahanan air sebuah jam tangan digunakan satuan tekanan Atmosfer (ATM), Bar dan juga meter (m). 1 ATM = 1,01325 Bar = kurang lebih 10m. Kalau dibulatkan menjadi 1 ATM = 1 Bar = 10m.
Jam tangan yang hanya tertuliskan water resistant saja di belakangnya tidak ada ukuran 5/10 BAR / ATM /m kebanyakan tidak dapat di gunakan untuk berenang. Untuk keterangan informasi keterangan tentang tulisann water resistant pada sebuah arloji dapat dilihat pada bagian back case atau penutup jam. Jam tanga bertuliskan water resistant 100m bukan berarti jam tersebut dapat di gunakan di dalam air dalam kedalaman sampai 100m di bawah air. tetapi sekarang banyak produsen - produsen jam tangan yang menggunakan satuan ukuran BAR daripada meter yang sering digunakan untuk satuan jarak.
klasifikasi ketahanan air secara garis besar di bagi seperti di bawah:
  • Water Resistant 3 Bar / 3 ATM / 30 m atau hanya tertulis Water Resistant saja.
    Tahan air untuk kegiatan sehari-hari, hujan, percikan air. Tidak cocok digunakan pada saat berenang atau terkena air bertekanan, misalnya terkena semprotan air dari selang.
  • Water Resistant 5 Bar / 5 ATM / 50 m.
    Dapat digunakan untuk berenang di kolam renang atau di perairan dangkal dan untuk pekerjaan yang berhubungan dengan air, misalnya memancing. Tidak cocok digunakan untuk snorkeling dan terkena air bertekanan tinggi.
  • Water resistant 10 Bar / 10 ATM / 100 m.
    Dapat digunakan untuk berenang, snorkeling dan pada kegiatan olahraga air yang bersifat rekreasi. Kurang cocok digunakan pada kondisi terpapar air bertekanan ekstra tinggi, misalnya pada olahraga Jet Ski profesional.
  • Water Resistant 20 Bar / 20 ATM / 200 m.
    Dapat digunakan pada segala macam aktifitas kelautan profesional dan skin diving (menyelam cukup dalam namun tidak menggunakan tabung).

untuk di dalam air jangan mengoperasikan tombol atau scrol putaran pada jam tangan, karena tombol atau scrol putaran jika di operasikan di dalam air akan mengakibatkan celah dan air masuk kedalam case jam tangan. kususnya untuk jam tangan yang sudah lama di pakai, ini berfungsi untuk semua jenis jam tangan, kecuali pada buku manualnya ada keterangan aman di gunakan di dalam air ( jam tangan menyelam/ Diver's watch ) jam tangan ini di desain kusus untuk menyelam di dalam air menggunakan tabung, jam tangan ini biasanya terdapat tulisan Diver's watch di balik casenya. untuk klasifikasinya sebagai berikut:

  • Diver's 100m / 15 m
    Dapat digunakan untuk Scuba Diving (menyelam dengan tabung). Jam yang bertuliskan Diver's 100 m atau 150 m biasanya adalah arloji yang keluaran lama.
  • Diver's 200m / 300m
    Dapat digunakan untuk Scuba Diving, memiliki proteksi yang lebih baik dibanding Diver's 150 m. Tidak cocok digunakan untuk Saturation Diving.
  • Diver's lebih dari 300m
    Dapat digunakan untuk Saturation Diving (penyelaman dalam yang menggunakan tabung dengan campuran gas helium).


 

21 comments:

  1. terima kasih, sangat membantu

    ReplyDelete
  2. Jam tangan punya saya tertulis WR30M dibagian belakang/tutup jam,sedangkan di bagian depan jam tertulis WR 30 BAR.
    Itu gimana yah mksdnya?mohon pnjlasannya.

    ReplyDelete
  3. Jam tangan saya WR nya 5 bar kalo terpake waktu mandi itu ada masalah ga

    ReplyDelete
    Replies
    1. 5 bar = 50 meter
      Seharusnya tidak ada masalah, selama itu Asli

      Delete
  4. Jam tangan saya ada tulisan WR 20bar,di bagian jam sama tutup belakang sama,,,itu artinya gimana

    ReplyDelete
  5. Jam tangan saya original gk hehe

    ReplyDelete
  6. Terimakasih banyak,sangat membantu

    ReplyDelete
  7. sangat membantu...trimakasih

    ReplyDelete
  8. Jam tangan saya ada tulisan 10 BAR , terimakasih sangat membantu, akhirnya mengerti

    ReplyDelete
  9. Jam tangan sy tertulis sok kabeh bar bar. Hahahhaha

    ReplyDelete
  10. Kalo Patent water resistance.
    Seperti di jam Swatch itu apa artinya..??

    ReplyDelete
  11. Apa arti lap ato spl pada stopwatch jam digital?

    ReplyDelete

Powered by Blogger.